Noorfaizin's Blog
Just another WordPress.com weblog

MEMILIH MAINAN UNTUK SI KECIL

Selain menarik secara visual, mainan bayi sebaiknya mampu menarik perhatian indra pendengaran dan peraba. Jadi pilihlah mainan yang bisa berbunyi, atau memiliki tekstur yang kaya.

Semua benda yang terlihat oleh mata si bayi akan menjadi mainan yang menarik buat mereka. Bahkan, bisa jadi bayi lebih tertarik pada kertas pembungkus mainannya sendiri. lalu, mainan seperti apa yang baik buat si mungil itu?

Jenis mainan anak hendaknya disesuaikan menurut usia anak. Buat bayi di bawah umur satu tahun, mainan yang baik harus mengandung manfaat buat pertumbuhan badan dan organ-organ tubuhnya. Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa kriteria mainan yang perlu dipertimbangkan oleh Si Ibu, antara lain :

1. Warnanya mencolok

Warna-warna primer atau sekunder seperti merah, kuning, biru, hijau, dan jingga, lebih mudah ditangkap oleh mata bayi. Mainan dengan warna yang mencolok akan menarik perhatian si bayi. Pikirannya akan langsung mengeksplorasi mainan tersebut.

2. Aman

Pastikan mainan bayi tidak mempunyai bagian yang tajam atau runcing. jangan pula ada bagian yang bisa dibongkar agar tidak tertelan saat bayi berusaha membongkarnya. Perhatikan pula kebersihan mainantersebut karena bayi tidak hanya akan menyentuhnya, tetapi juga menggigit, mengunyah, menjilat, memainkan, memukul, dan menggosok-gosokkanya.

3. Menarik bagi mata bayi

Kesalahan umum yang dilakukan orang tua adalah memberi mainan pada bayinya bukan atas dasar daya tarik mainan tersebut di mata si bayi, tetapi daya tarik di mata orang tua.

4. Multisensor

Selain menarik secara visual, mainan bayi sebaiknya mampu menarik perhatian indra pendengaran dan peraba. Jadi, pilihlah mainan yang bisa berbunyi, atau memiliki tekstur yang kaya.

5. Ada keragaman

Bayi biasanya mempunyai mainan favorit. Tetapi bukan berarti tak mau menyentuh mainan yang lain. Bisa jadi ia akan lebih senang melihat mainan lain yang mempunyai bentuk, ukuran, tekstur, dan warna yang beragam. Kian beragam mainan kian tinggi minat bayi pada mainan tersebut. Selain itu mainan yang beragam mampu mengembangkan kemampuan berfikirnya.

6. Sesuai usia

Produsen mainan bayi umumnya melengkapi produknya dengan keterangan usia. Ini akan memudahkan orang tua memilih mainan yang baik untuk bayi mereka. Mainan yang tepat membuat bayi tak cepat bosan.

Berkaitan dengan jenis mainan berdasarkan usia ini ada beberapa petunjuk yang bisa digunakan.

0 – 3 bulan

Pilihlah mainan yang bisa diletakkan di tempat tidur bayi, berwarna cerah dan mudah dipindah-pindahkan. Misalnya, lingkaran plastik berukuran besar, kotak musik yang bisa dipegang oleh bayi, mainan kecil dalam berbagai ukuran dan tekstur, mainan yang mengeluarkan bunyi jika digoyang-goyangkan, mainan yang bisa dipeluk, atau mainan yang bisa dipakai sebagai teman mandi.

4 – 6 bulan

Selain mainan yang bisa digoyang-goyang, bisa dibawa mandi dan berbunyi jika digoyang atau diremas, dapat juga diberikan mainan dari kubus atau kotak kayu. Bisa juga balok yang mengeluarkan bunyi-bunyian. Jangan lupa, mainan tersebut harus aman digigit serta balok-balok kayu tersebut berukuran besar dan ringan.

7 – 9 bulan

mainan yang bisa diapungkan dalam air, cincin yang bisa disusun pada tiang, bola berbagai ukuran, kotak atau wadah kosong, balok susun, bola dari kayu, balok kayu ukuran kecil, drum dan pemukulnya, serta mainanyang bisa dipeluk.

Setelah 12 bulan

Bisa diberikan mainan papan  bongkar pasang terbuat dari kayu, buku cerita bergambar, boneka yang bajunya bisa diganti-ganti, balok konstruksi berukuran besar, mainan dorong tarik, matras alfabeth, gelas, kotak susu, krayon besar, kertas dan mainan yang mengeluarkan bunyi ketika ditiup angin.    *)sri kustanti

Belum Ada Tanggapan to “MEMILIH MAINAN UNTUK SI KECIL”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: