Noorfaizin's Blog
Just another WordPress.com weblog

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

Sesuai dengan Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses, maka ada 3 proses yang harus dilalui oleh peserta didik pada kegiatan inti di kegiatan pembelajaran.

” Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. ”

Apa, dan bagaimana proses tersebut?

Kegiatan  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan berikut:

  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin­sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembela­jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam se­tiap kegiatan pembelajaran; dan
  5. Memfasilitasi peserta didik melakukan per­cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:

  • Membaca tentang
  • Mendengar tentang
  • Berdiskusi tentang
  • Mengamati model (teks/ karya)
  • Mengamati demonstrasi
  • Mengamati simulasi kasus
  • Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
  • Mencoba melakukan kegiatan trtentu
  • Membaca kasus (bedah kasus)
  • Talk show
  • Berwawancara dengan sumber tertentu  (menggali informasi)
  • Observasi terhadap lingkungan
  • Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
  • Mencoba bereksperimen
  • Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
  • Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)

 

Kegiatan Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal berikut.

  1. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  2. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul­kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  3. memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  4. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  5. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  6. memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  7. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  8. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  9. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per­caya diri peserta didik.

Macam-macam alternatif kegiatan elaborasi:

  • Diskusi/ mandiri
  • Mengidentifikasi ciri
  • Menemukan konsep
  • Melakukan generalisasi
  • Mencari bagian-bagian
  • Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
  • Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
  • Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
  • Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
  • Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
  • Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
  • Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
  • Mengurutkan
  • Mengelompokkan
  • Mengkombinasikan
  • Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
  • Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
  • Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)

 

Kegiatan Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan kegiatan-kegaiatan berikut.

  1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be­nar;
  6. membantu menyelesaikan masalah;
  7. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

                           

Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi:

  • Penyimpulan
  • Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik
  • Penjelasan mengapa salah
  • Penjelasan mana yang bnar dan yang salah
  • Meluruskan yang salah
  • Menegaskan yang benar
  • Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
  • Mengangkat kasus yang salah dan yang benar  – menjelaskan mengapa salah/benar
  • Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
  • Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
  • Menjelaskan bagaimana seharusnya
  • Menciptakan rubrik

 

Contoh Skenario

KD yang Berfokus pada Pemahaman Konsep

·         Pendahuluan 

  • Menunjukkan gambar peristiwa  dan bertanya jawab tentang hal yang terkait dengan

kompetensi dasar

o        Bertanya jawab tentang apa yang  akan dipelajari dan manfaatnya

o        Menginformasikan tujuan yang akan dicapai

o        Apersepsi (bertanya jawab tentang konsep yang berkaitan)

·         Kegiatan Inti  (alternatif 1) 

o        Mengamati  peristiwa yang berkaitan dengan suatu konsep ( Eksplorasi)

o        Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep  (Elaborasi)

o        Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (Elaborasi)

o        Secara individu antara lain mengerjakan LKS untk menerapkan konsep (Elaborasi)

  • Saling mengoreksi dan mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)

 

·         Kegiatan inti (alternatif 2)

o        Mengamati peristiwa alam sekitar  yang berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)

o        Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep (elaborasi)

o        Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (elaborasi)

o        Secara individu mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)

o        Berwawancara dengan narasumber  berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)

o        Diskusi  tentang hasil wawancara dan kaitannya dengan suatu konsep (elaborasi)

o        Secara individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (elaborasi)

o        Bertanya jawab dan mempertahankan konsep yang ditemukan (konfirmasi)

·         Kegiatan Penutup

o        Menyimpulkan konsep yang ditemukan

o        Merancang tugas pengayaan untuk penerapan konsep

 

Contoh Skenario

KD yang berfokus pada keterampilan (melakukan sesuatu)

·         Pendahuluan 

o        Bertanya jawab tentang pengetahuan/ keterampilan yang terkait dengan KD

o        Memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan atau mengaitkan KD dengan dunia nyata

·         Kegiatan Inti 

o        Melakukan modelling/simulasi untuk menemukan konsep (eksplorasi)

o        Bertanya jawab/ berdiskusi  tentang model/ simulasi yang telah dilakukan (Elaborasi)

o        Menyimpulkan langkah  yang benar untuk melakukan  (Elaborasi)

o        Praktik melakukan secara bergantian/ dalam kelompok ( Elaborasi)

o        Saling  mengomentari praktik yang dilakukan dan umpan balik atau penguatan dari guru (K)

·         Kegiatan penutup

o        Merefleksi apa yang telah dilakukan dan manfaatnya  dalam kehidupan

o        Mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan

o        Memberi tugas lanjutan

 

 

Format Rpp – Document Transcript

  1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO : …………………………… SEKOLAH : ……………………………… MAPEL : ……………………………… KELAS /SMT : ………../…………. WAKTU : ………….. A. STANDAR KOMPETENSI 1. …………………………………………………………………………………………………….. B. KOMPETENSI DASAR 1.1. ………………………………………………………………………………………………….. C. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Pertemuan 1 ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. D. MATERI BELAJAR 1. Pertemuan 1 ……………………………………………………………………………………………………………………………… E. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN 1. Metode : ……………………………………………………………………… 2. Model Pembelajaran : ……………………………………………………………………… F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan 1 : ………………………………………………………………………………… No. Kegiatan Waktu Metode 1. Pendahuluan: ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. 2. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. b. Elaborasi ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. c. Konfirmasi …………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. 3. Penutup : ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..
  2. G. SUMBER BELAJAR 1. ………………………………………………………………………………. 2. ………………………………………………………………………………. H. PENILAIAN Indikator penilaian Teknik Bentuk Instrumen penilaian instrumen …………………………………………………… ………… ………… ………………………………………………………….. …………………………………………………… ………… ………… ………………………………………………………….. …………………………………………………… ………………………………………………………….. ………………………………………………… …………………………… ………………………….. …………………………………………………… ………… ………… ………………………………………………………….. …………………………………………………… ………… ………… ………………………………………………………….. …………………………………………………… ………………………………………………………….. ………………………………………………… …………………………… ………………………….. Skor nilai : Skor perolehan x ……… Kunci Jawaban : No Jawaban Skor nilai 1. ………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… 2. ………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… 3. 4. 5. Jumlah skor maksimal Mengetahui, Cilacap, Juli 2009 Kepala ……………………… Guru Mata pelajaran, …………………………….. ……………………………… NIP. NIP.
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, meliputi: 1) Kegiatan pendahuluan. Dalam kegiatan pendahuluan, guru; . a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. b. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. c. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. d. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus. 2) Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). A. EKSPLORASI Dalam kegiatan eksplorasi, guru: a. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber. b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, mediapembelajaran dan sumber belajar lain. c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya. d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan e. Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan. B. ELABORASI Dalam kegiatan elaborasi, guru: a. Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna. b. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. c. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut. d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. e. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. f. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok. g. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok. h. Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan. i. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa. C. KONFIRMASI Dalam kegiatan konfirmasi, guru: a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa. b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber. c. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. d. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: (1) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. (2) Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi. (3) Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan (4) Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3) Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: a. Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. c. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran. d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa. e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

 

About these ads

Belum Ada Tanggapan to “KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: